Menu

Mode Gelap

Inovasi Vision Therapy VIO Optical Clinic · 25 Apr 2023 04:44 WIB ·

Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik


 Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik Perbesar

Sebuah thumnail tentang Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik Sering kali kita meremehkan kesehatan penglihatan mata, buktinya, kita masih menggunakan gadget dengan jarak antara layar dan mata yang dekat,di tambah lagi dengan waktu yang lama.


Kebiasaan memandang layar hp secara dekat dapat membuat mata kita berpotensi memiliki gangguan penglihatan. Salah satu dampak buruknya, ialah mata minus. Mata minus atau rabun jauh dapat di sebabkan karena sering melihat terlalu dekat sebuah objek.



Seperti dengan keseringan menggunakan gadget dan membaca buku dengan dekat tanpa adanya jarak antara mata dan tulisan tertentu. Jadi jika kamu masih melakukan hal tersebut, disarankan untuk membiasakan menjaga jarak mata dan mengurangi penggunaan gadget pada kehidupan sehari-hari.



Jika kamu sedang mengalami masalah mata dan sudah berobat kemana-mana, namun belum mendapat tempat pengobatan yang cocok, maka disarankan untuk memilih VIO Optical Clinic.



    Menjaga kesehatan mata dengan inovasi teknologi VIO Optical Clinic


    Sebelumnya, kita akan berkenalan dengan VIO Optical Clinic.



    Berdiri sejak 10 tahun yang lalu, VIO Optical Clinic sudah banyak membantu mereka yang mengalami masalah pada mata. Sebagai Eyecare Professional dan terpercaya, VIO Optical Clinic memiliki dokter-dokter ahli mata yang terpercaya dan profesional yang menangani masalah mata. 


    Vio Optical Clinic mengusung slogan “VISION THERAPY – SOLUSI MASALAH MATA TANPA OPERASI”, dari slogan itu, mereka bertujuan untuk melayani pasien tanpa melakukan operasi mata.



    Maka dari itu klinik mata yang satu ini sangat direkomendeasi untuk kamu yang lagi mencari tempat klinik mata atau solusi tempat yang membantu kamu sembuh dari segala masalah pada mata.



    Layanan Perawatan Mata Vio Optical Clinic

    Foto bersama di VIO Optical Clinic
    Sumber:Instagram/viooptical


    Untuk melayani pasiennya, VIO Optical Clinic bertekad untuk menjadi tempat solusi dari masalah mata yang kamu alami. VIO Optical Clinic memiliki beragam layanan kesehatan mata.



    Mulai dari pelayanan Vision Therapy, Therapy Ortho K, Terapi Proprioseptif sampai Low Vision Treatment. Untuk penjelasan tentang satu persatu dari layanan layanan perawatan mata ini, dapat kamu lihat berikut ini :



    Vision Therapy

    Sebuah logo orang berkacamata


    Memiliki visi untuk membuat Indonesia melihat lebih jelas melalui Vision Therapy, Sebelumnya vision therapy adalah layanan terapi mata VIO Optical Clinic untuk menyembuhkan masalah penglihatan tanpa perlu melakukan operasi pada mata, tidak menggunakan obat-obatan dan dilakukan secara alami serta aman digunakan oleh anak-anak hingga orang dewasa



    Ada empat bagian layanan yang di tawarkan oleh vision therapy ini. Berikut akan di jelaskan lebih lanjut, tentang layanan Vision Therapy dari VIO Optical Clinic.

    A. Ortho-K (Terapi Mata Minus)




    Ortho-K VIO Optical Clinic

    Inilah sebuah inovasi VIO Optical Clinic untuk penglihatan yang lebih baik yaitu Terapi ortho keratology atau terapi mata minus ditujukan untuk kamu yang merasa mengalami penurunan kualitas penglihatan daripada biasanya. Kondisi ini biasa di sebut dengan mata minus atau silinder, tak jarang pula kondisi mata minus ini kerap dimulai dari kalangan anak-anak.



    Mereka yang masih tergolong anak-anak memiliki potensi lebih banyak untuk terkena mata minus. Bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari yang mereka jalani, mulai dari terbiasa menonton tv dengan dekat, memainkan hp serta membaca buku.


    Lalu apa masalahnya ? padahal kebiasaan yang dilakukan anak-anak tersebut termasuk hal yang normal dan biasa, bukankah itu wajar ?



    Di mulai dari pernyataan data dari WHO, Perlu kita garis bawah bahwa salah satu penyebab dari kenaikan mata minus bisa karena 3 alasan, yaitu karena 

    – Faktor genetik (keturunan), 

    – Faktor lingkungan

    – Faktor kebiasaan sehari-hari 


    Seperti kebiasaan memainkan HP, menonton TV, dan membaca (tanpa jeda dengan jarak yang dekat antara mata dan objek yang di lihat).



    Jika sudah terkena mata minus, apa yang harus dilakukan ?



    VIO Optical Clinic punya jawaban jitu untuk kamu yang menderita mata minus, yaitu dengan menggunakan layanan mereka yang bernama Terapi Mata Minus (Ortho Keratology) atau ortho-k. Terapi ini bertujuan untuk mempertahankan penglihatan tanpa bergantung pada kacamata sepanjang hari.



    Terapi ini hanya di lakukan pada malam hari sebelum tidur dan bisa dilepas saat bangun tidur, sehingga terapi ortho k tidak mengganggu aktivitas pagi – sore hari.



    Beberapa pertanyaan (FAQ) tentang Terapi Ortho – K


    Berikut ini beberapa pertanyaan yang dapat meyakinkan kamu untuk mencoba terapi Ortho K dari VIO Optical Clinic, ini.



    1. Apakah Ortho K termasuk terapi mata yang aman?


    Terapi Ortho K di VIO Optical Clinic ini telah di sertifikasi oleh FDA Approved (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) sehingga dapat dijamin aman dan minim efek samping. Selama proses terapi, dokter dan eye care profesional VIO Optical Clinic akan memantau dan mengawasi proses dengan cermat pada pasien.



    Jadi jangan khawatir.



    2. Apakah ada batasan usia untuk terapi Ortho K ?


    Tidak ada batasan usia, VIO Optical Clinic menyarankan terapi ini lebih bagus digunakan pada usia antara 6 hingga 37 tahun.

    Seperti pada kalangan anak-anak sampai orang dewasa.


    3. Apakah benar bahwa lensa Ortho K hanya bisa digunakan saat tidur?


    Penggunaan terbaik Lensa Ortho K lebih disarankan untuk dipakai saat tidur dan dibuka saat bangun di pagi hari. Dengan tujuan saat menggunakan lensa ini, tidak akan menganggu aktivitas di pagi sampai sore hari.



    Jika kamu terbangun di tengah malam, dan lensa masih terpasang pada penglihatan, maka mata kamu akan tetap melihat jelas karena lensa Ortho K. Sehingga, manfaatnya dapat bekerja sepanjang waktu.




    4. Apakah Terapi Ortho K bersifat permanen?


    Terapi Ortho K tidak bersifat permanen seperti operasi mata. Seperti melakukan olahraga secara rutin, terapi Ortho K memerlukan disiplin dan konsistensi dalam menjaga pola kebiasaan pada penglihatan.



    Selain itu, perubahan gaya hidup sehat seperti mengurangi waktu menggunakan gadget, istirahat yang cukup, dan aktifitas hidup sehat dapat membantu menjaga kesehatan penglihatan optimal meskipun sudah tidak lagi melakukan terapi Ortho K.



    5. Kapan dampak terapi Ortho-K mulai terlihat?


    Beberapa pasien dapat merasakan hasil yang signifikan dalam waktu satu minggu setelah menggunakan lensa Ortho-K. Pada awal penggunaan, sebagian besar koreksi yang di perlukan telah tercapai.



    Secara umum, penglihatan pada siang hari akan membaik dalam minggu pertama, sehingga kacamata atau alat bantu penglihatan yang digunakan sebelumnya dapat di lepas. Namun, kecepatan hasil dari ortho-k ditentukan tergantung pada tingkat refraksi, usia, dan kondisi kornea mata setiap pasien.



    6. Apakah seseorang bisa menjalani terapi Ortho K jika menderita mata kering?


    Tergantung pada penilaian eye care professional. Banyak pasien dengan kondisi mata kering dapat menjalani terapi Ortho K. Lensa Ortho-K dapat di gunakan oleh individu yang menderita mata kering, karena bahan lensa tersebut memiliki sifat gas permeable, sehingga jika kekurangan oksigen dan air mata saat tidur, maka dapat di minimalkan oleh lensa ini.




    7. Apakah aman menggunakan lensa Ortho K saat tidur semalaman?


    Lensa Ortho K terbuat dari bahan yang dapat menyerap gas (Gas Permeable). Desain ini memungkinkan oksigen melewati lensa ke mata, sehingga mencegah mata menjadi kering dan iritasi.



    Lensa ini sangat nyaman saat di gunakan, dan karena lensa Ortho K hanya di gunakan saat tidur, maka tidak ada risiko kekurangan oksigen pada mata dan iritasi karena mata tidak tertutup oleh lensa sepanjang hari.



    8. Apakah jika mengalami mata silinder bisa menjalani terapi Ortho K?


    Terapi Ortho K dapat membantu memperbaiki masalah Mata Silinder/Astigmatisme. Namun, sebelumnya kamu harus melewati tahap screening dan di evaluasi oleh eye care professional untuk menentukan apakah kornea mata kamu cocok untuk menjalani terapi ini.



    9. Perbedaan terapi Ortho K dan Lasik ?


    Perbedaan terapi Ortho K dan Lasik, terletak pada metode yang di gunakan. Terapi Ortho K melakukan pembentukan ulang kornea secara alami dengan menggunakan lensa kontak ortho k, sementara lasik menggunakan metode operasi dengan mengikis kornea mata.



    10. Apakah saat menjalani terapi Ortho K terasa menyakitkan ?


    Tidak ada rasa sakit. Meskipun pada awalnya mungkin sedikit tidak nyaman karena adanya lensa di mata, namun seiring berjalannya waktu kamu akan terbiasa dan nyaman menggunakan terapi ini.



    11. Adakah risiko yang muncul saat menggunakan lensa Ortho K?


    Menurut data dan penelitian yang lebih detail, risiko penggunaan lensa Ortho K sama dengan penggunaan lensa kontak harian. Laporan dari FDA juga tidak menunjukkan adanya efek samping yang serius. 


    Terapi Ortho K di anggap aman, tanpa operasi, karena tidak memotong bagian kornea dan bisa di kembalikan.



    12. Bagaimana jika kehilangan atau merusak lensa Ortho K ?


    Sebaiknya segera melaporkannya dan berkonsultasi dengan Eyecare Profesional VIO Optical Clinic untuk melakukan penggantian.



    B. Pemeriksaan Mata Lengkap


    Salah satu Inovasi VIO Optical Clinic untuk penglihatan yang lebih baik yang kedua adalah menghadirkan layanan vision therapy sebagi layanan pemeriksaan mata lengkap


    Untuk pemeriksaan mata di VIO Optical clinic ini, tidak hanya untuk mengetahui seberapa besar mata plus, minus ataupun silinder yang di alami seseorang.

    Pemeriksaan Mata Lengkap VIO Optical Clinic

    Namun pelayanan ini dapat mengevaluasi kondisi mata pasien secara keseluruhan serta melalui pemeriksaan ini. Dapat membantu mendeteksi penyakit yang membahayakan mata sejak awal atau sedini mungkin sehingga kondisi masalah mata bisa di cegah sejak awal agar tidak memburuk di kemudian hari.



    Pelayanan ini didasarkan untuk menangani dan mendeteksi permasalahan mata yang sering terjadi dan yang banyak di alami oleh masyarakat Indonesia, contohnya meningkatnya mata minus atau myopia pada mata usia anak-anak.



    Singkat saja, melalui chanel youtube resmi VIO Optical Clinic. Dijelaskan ada dua jenis pemeriksaan mata di VIO Optical Clinic.



    Pertama adalah pemeriksaan mata reguler atau MECU-A (medical check up A). Kedua, terdapat pemeriksaan mata lengkap beserta screening terapi mata yang di kenal sebagai MECU-B (medical check up B).



    1. MECU-A


    Untuk pemeriksaan pemeriksaan mata reguler yang umumnya disebut MECU-A yang meliputi beberapa pemeriksaan mata:



    1. Pemeriksaan Buta Warna

    2. Pemeriksaan Stereopsis

    3. pemeriksaan Autoref

    4. pemeriksaan Tonometri

    5. Visus Test

    6. pemeriksaan funduskopi

    7. pemeriksaan Slit Lamp


    2. MECU-B


    Pemeriksaan mata lengkap beserta screening terapi mata, pemeriksaan MECU-B ini meliputi pemeriksaan:



    Pemetaan Kornea

    Pemeriksaan ini menggunakan alat Corneal Topography, yaitu untuk melakukan pemetaan kornea dan memperoleh pemahaman yang lebih dalam mengenai kelengkungan kornea. Serta pemeriksaan ini di perlukan sebagai bagian dari tahap terapi mata seperti Ortho-K.



    C. Low Vision Treatment


    Salah satu cara untuk memaksimalkan penglihatan yang lemah adalah dengan melakukan rehabilitasi mata yang disebut Low Vision Treatment. Kacamata, obat-obatan, dan operasi tidak bisa meningkatkan penglihatan yang ada, sehingga rehabilitasi mata menjadi solusi tepat.

    Low Vision Treatment VIO Optical Clinic

    Penglihatan yang sangat terbatas, tidak bisa di bantu dengan kacamata atau lensa kontak, kondisi ini sangat memprihatinkan. Operasi juga tidak bisa membantu karena disebut sebagai low vision.


    Low vision adalah kondisi di mana penglihatan seseorang di bawah rata-rata orang normal, dimana penyandang low vision hanya bisa melihat di bawah 20% penglihatan biasa. Hal ini membuat mereka sulit untuk mandiri dalam beraktivitas sehari-hari seperti berkendara, membaca, menulis, menonton, dan lain sebagainya.



    Andrea Gusha, seorang praktisi rehabilitasi low vision di Vio Optical Clinic, menyebutkan bahwa kondisi ini di sebabkan oleh berbagai faktor seperti cedera pada mata, penyakit mata, dan lainnya. 


    Vio Optical Clinic menyediakan alat bantu seperti kacamata teleskop Jordi dan Pebble magnifier untuk memaksimalkan sisa penglihatan penyandang low vision.



    Banyak orang yang datang ke Vio Optical Clinic untuk melakukan rehabilitasi pada penglihatan mereka dan mereka merasa bersyukur karena dapat beraktivitas secara mandiri tanpa bantuan orang lain karena layanan inovasi ini.



    D. Binocular Vision Therapy


    Binocular Vision adalah kemampuan mata untuk menggabungkan dua objek yang dapat dilihat dengan kedua mata. Apabila salah satu mata mengalami masalah ini, maka dapat menyebabkan penglihatan menjadi buram, bayangan atau ganda.



    Kondisi ini sering di ikuti oleh ketidaksejajaran mata atau juling. Selain mengganggu penglihatan, kelainan mata ini juga dapat mengurangi kepercayaan diri individu dalam kehidupan sehari-hari.



    Oleh karena itu, harus segera di atasi dengan Binocular Vision Therapy dari VIO Optical Clinic.


    Binocular Vision Theraphy VIO Optical ClinicLayanan terapi ini meliputi :

    • Cover-Uncover Test untuk mengetahui mata dominan atau mata yang mengalami ketidakseimbangan laten.

    • Pemeriksaan Worth for Dot untuk menunjukkan bagian dari 4 warna yang di lihat oleh kedua mata maupun dengan 1 mata.

    • Pemeriksaan dengan prisma untuk mengetahui sudut deviasi atau sudut kemiringan antara kedua mata.


    E. Pediatric Refraction

    Pediatric Refraction VIO Optical Clinic


    Di mulai dari sejak kecil, jika seorang anak memiliki kebiasaan sering menggaruk-garuk mata, sering memainkan hp dan melihat secara dekat pada smartphone, membaca buku dengan dekat tanpa adanya jarak 30 cm dan selalu memicingkan mata saat melihat sesuatu.



    Jika melihat kondisi seperti itu pada anak atau yang lain, maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi penglihatannya pada dokter mata, nah salah satu pemeriksaan mata yang cocok untuk kondisi ini adalah Pediatric Refraction dari VIO Optical Clinic.



    Pediatric refraction ini memiliki beberapa bagian pemeriksaan antara lain :



    1. Pemeriksaan Steroopsis


    Pemeriksaan untuk mengetahui kondisi keseimbangan mata


    2. Pemeriksaan buta warna


    Pemeriksaan untuk mengetahui apakah penglihatan mata pasien mengalami kesalahan dalam melihat warna.


    3. Retinoscopy


    Pemeriksaan yang di maksud untuk mengetahui apakah seorang anak memerlukan kacamata atau alat bantu untuk melihat dalam aktivitas sehari-hari. Sekaligus pemeriksaan ini juga untuk mengetahui penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan.


    4. Konsultasi


    Untuk bagian konsultasi, dokter akan menyarankan beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak sebaiknya dilakukan pada penglihatan anak sehari-hari. Sekaligus kamu bisa konsultasi seperti bertanya tentang kebiasaan sehari-hari yang berhubungan dengan mata.




    F. Pemeriksaan Air Mata

    Pemerikaan Air Mata VIO Optical Clinic


    Dalam pemeriksaan ini, hal yang paling di fokuskan adalah Air Mata. Yah, identik dengan kesedihan, air mata adalah bagian dari mata yang tidak dapat dipisahkan.



    Air mata yang berperan untuk menjaga kelembapan pada mata, jadi jika mengalami kekurangan air mata dapat membuat gangguan pada penglihatan, seperti mata terasa perih, mata berair dan pandangan terasa buram.



    Salah satu penyebabnya adalah berada di depan layar selama berjam-jam atau karena faktor lain.



    Jika kamu merasa demikian, admin sarankan untuk cepat dalam menanggapinya. Salah satu upaya untuk mengobati gangguan ini, adalah dengan menggunakan layanan Dry Eye Test dari VIO Optical Clinic.



    Pemeriksaan di klinik yang satu ini, sudah menggunakan teknologi terbaru, yang dapat memeriksa kondisi mata tanpa menyetuh kornea mata, tanpa merasakan perih atau sakit. Semua layanan di klinik ini dilakukan oleh para ahli profesional, dalam bidangnya.



    Cabang VIO Optical Clinic

    Cabang VIO Optical Clinic
    Sumber : zaubee.com

    Melalui situs website resmi VIO Optical Clinic memiliki setidaknya ada 3 cabang yaitu :




    1. VIO Harapan Indah Bekasi
      Ruko Asia Tropis AT 16 No. 51 Harapan Indah Bekasi Barat

    2. VIO Grand Galaxy City Bekasi
      Ruko Grand Galaxy Blok RGB No. 91 Jaka Setia Bekasi Selatan

    3. VIO Greenlake City Tangerang
      Rukan Crown Blok F No.1 Cipondoh Kota Tangerang



    Jam Operasional VIO Optical Clinic


    Untuk jam operasional sendiri, klinik ini selalu setiap hari buka dari hari senin – minggu (09.00 – 21.00)


    Penutup


    Terima kasih sebelumnya untuk para pembaca artikel ini, semoga apa yang di sampaikan dapat bermanfaat. Melalui tulisan ini, admin ber-referensi semua informasi dari VIO Optical Clinic baik dari website ataupun kanal youtube mereka. Jadi tidak ada fakta yang admin buat-buat sendiri.



    Admin juga mendukung Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik, semoga bagi kamu yang memiliki masalah pada mata, dapat sembuh dan bisa terbantu oleh layanan VIO Optical Clinic.


    SEO Blog Kontes VIO Optical Clinic 2023

    Poster SEO Blog Kontes VIO Optical Clinic 2023

    Artikel ini telah dibaca 1 kali

    badge-check

    Penulis