Menu

Mode Gelap

PC Desktop · 30 Sep 2023 13:12 WIB ·

Rekomendasi PC Desktop Terbaik di Indonesia dari ASUS


 Rekomendasi PC Desktop Terbaik di Indonesia Perbesar

Rekomendasi PC Desktop Terbaik di Indonesia

Bekerja dan berkegiatan di depan komputer, tidak maksimal rasanya jika tidak menggunakan PC desktop yang mampu memenuhi kebutuhan dan kegiatan digital seperti bekerja, bermain game, mengedit video hingga untuk bisnis. Agar mendapat rasa maksimal, kami sudah menyiapkan 3 Rekomendasi PC Desktop Terbaik di Indonesia dari ASUS.

Dengan rekomendasi ini, kamu dapat mengetahui PC desktop terbaik dari ASUS menurut kami, sekaligus dapat mempertimbangkan melakukan pembelian PC desktop, untuk dipakai kegiatan multitasking sehari-hari.

Kemudian, rekomendasi ini kami sarankan bersama dengan Urbandigital.

Apa Itu PC Desktop

Sering disebut orang-orang dengan kata PC, tahukah kamu apa itu PC desktop ? Personal Computer merupakan kepanjangan dari kata PC tersebut, sedangkan desktop adalah area tampilan komputer.

Rekomendasi PC Desktop Terbaik
Sumber dari halaman web ASUS S500MA

Jika kamu bertanya bagaimana tampilan PC desktop yang sebenarnya, maka foto di atas adalah jawabannya.

PC desktop bukan hanya terdiri dari 1 komponen yang langsung jadi seperti di atas saja, namun PC yang sebenarnya memiliki 10 komponen di dalamnya. 10 komponen tersebut memiliki fungsi – fungsi yang berbeda, ada yang untuk penyimpanan sampai menjadi otak dari komputer.

10 komponen PC tersebut, antara lain :

1. Motherboard

Memiliki nama Motherboard atau papan ibu induk, komponen utama ini memiliki fungsi sebagai tempat penghubungan semua komponen yang ada dalam PC. Jadi, komponen seperti Processor, Hardisk, Ram dan lainnya akan terhubung melalui port kabel masing-masing yang kemudian dipasang ke papan induk ini.

Dengan begitu semua komponen dapat saling terhubung dan berfungsi melalui motherboard komputer.

2. Processor

Lain dengan motherboard, Processor merupakan otak dari sebuah PC Desktop, tanpa processor komputer tidak akan berjalan dan berfungsi sebagaimana mestinya. Processor juga yang menjadi kekuatan dan inti yang sangat dibutuhkan komputer untuk menjalankan program aplikasi dan game.

Semakin tinggi spesifikasi processor yang digunakan, maka semakin nyaman dan lancar pula, sebuah PC Desktop komputer saat menjalankan berbagai program software aplikasi dan game pc yang ada.

3. VGA Card

Kartu grafis video atau Video Graphic Adapter merupakan kepanjangan dari VGA, memiliki fungsi yang hampir sebanding dengan processor, VGA card memiliki peran yang tidak kalah penting dengan fungsi processor pada sebuah komputer. VGA memiliki fungsi sebagai komponen untuk menampilkan gambar layar OS seperti OS Windows.

Tanpa memiliki kartu grafis ini, komputer tidak akan menampilkan gambar layar OS sebagaimana mestinya.

Namun terdapat juga komputer yang tidak menggunakan kartu grafis secara fisik, melainkan ia menggunakan VGA bawaan dari sebuah processor, hasilnya dapat menampilkan layar OS meskipun tidak menggunakan VGA fisik.

4. RAM

Semakin besar ukuran RAM, semakin leluasa juga dalam menjalankan program dalam komputer, inilah RAM atau Random Access Memory, komponen yang satu berfungsi menjadi penyimpanan program aplikasi atau game yang berjalan saat pc digunakan.

Maka dari itu, jika sebuah PC memiliki RAM setidaknya 16 GB atau 32 GB, bisa dikatakan PC tersebut lancar dan enak untuk mengakses semua software aplikasi dan game, tanpa khawatir terkena kendala. Namun, dalam pemasangan RAM pada PC juga tidak bisa sesuai keinginan.

Kadang, pada slot RAM di komponen motherboard, hanya ada 2 slot, 4 slot dan seterusnya. Jadi, tergantung pada motherboard yang dipilih, ada yang memiliki 2 slot,4 slot dan ada juga yang 8 slot RAM.

5. PSU

Bertugas untuk men-supply tenaga listrik kepada PC desktop dan komponen utama penentu PC desktop dapat hidup, ini dia Power Supply, yang merupakan kepanjangan dari PSU. Komponen yang satu ini, bisa dibilang sangat berpengaruh daripada komponen PC desktop lain, karena komponen inilah yang bertugas untuk memberi aliran listrik pada PC saat dinyalakan.

Untuk kamu yang berniat merakit PC secara mandiri, maka disarankan untuk memiliki PSU yang berkualitas dan tersertifikasi 80+. Supaya pada penggunaannya nanti, tidak khawatir terjadi kendala seperti PC meledak atau mati yang dapat merambat ke komponen lain.

Komponen Lain

Komponen pc lain, diantaranya ada SSD, Optical Drive (CD/DVD), Sound Card, Casing PC, kipas Processor. Agar dapat menjadi sebuah komputer yang semestinya dan dapat digunakan, kamu perlu menyiapkan sebuah monitor, keyboard dan mouse sebagai alat pembantu navigasi pada PC.

Setelah semua selesai di rakit, PC dapat langsung digunakan dan dan bisa mulai menginstal OS terlebih dulu.

Perbedaan PC Desktop dengan All In One PC

Setelah mengetahui komponen-komponen dalam PC desktop, pernahkah kamu terbayang dengan sebuah PC yang lebih ringkas dan sudah 1 set tergabung dan menyatu dengan komputer ?, jika ya, maka All In One PC adalah jawaban yang sesuai dengan yang kamu bayangkan.

ASUS A6521
All In One PC – ASUS A6521

Itulah All In One PC yang kami maksud, apakah terdapat perbedaan dengan PC desktop ? biar tidak salah pengertian, kamu dapat melihat tabel berikut :

PC DESKTOPALL IN ONE PC
Letak KomponenCasing PC ( Terpisah dengan monitor)Tergabung bersama layar monitor PC
Intensitas Daya ListrikTergantung pada komponen yang dipilih (terutama PSU)Hemat daya ( terdapat komponen bertipe low power)
Kelengkapan PembelianHanya PC Desktop (namun tergantung Vendor, biasanya mendapat mouse dan keyboard)1 set lengkap (All In One PC, Keyboard, Mouse, Charger)
Custom Performa PCDapat di ubah-ubah pada komponenTidak
Perbedaan PC Desktop dan AIO PC

Bagaimana ? tertarik pada PC desktop ? atau All In One PC ?

Saran kami, jika kamu suka pada hal yang berhubungan dengan merakit, membuat, atau membangun.

Maka pilihlah PC Desktop, namun, jika kamu tipe orang yang tidak mau ribet dan ingin yang langsung pakai, maka pilihlah All In One PC atau PC Desktop dari ASUS berikut ini.

3 Rekomendasi PC Desktop Terbaik dari ASUS

Omong-omong soal PC desktop, ASUS memiliki rekomendasi PC Desktop terbaik. Mungkin, nantinya kamu dapat tertarik pada PC Desktop dari ASUS ini.

Namun, apabila kamu meminati tipe PC selain PC Desktop, ASUS juga memiliki PC produk AIO atau All In One PC. Yang mau kepo dengan AIO dari ASUS, dapat klik “ASUS All In One PC Home“.

Berikut 3 PC Desktop terbaik di Indonesia dari ASUS :

1. ASUS S500SA

Sebuah PC basic untuk keperluan seperti akses beberapa software microsoft office, menonton video, desain, dan bermain game PC ringan. ASUS S500SA merupakan satu dari beberapa varian seri PC Desktop ASUS S500.

S500SA memiliki body dan bentuk yang minimalis dan tidak makan tempat yang banyak, menjadikan PC ASUS ini cocok untuk kamu yang mencari spesifikasi PC Desktop entry level seperti untuk kebutuhan bekerja menggunakan aplikasi microsoft office, browsing internet, menonton video, coding web dan bermain game PC ringan.

Spesifikasi ASUS s500sa

Pilihan Processor– Intel® Celeron® G5905 Processor 3.5 GHz (4M Cache, up to 3.5 GHz)
/
– Intel® Core™ i3-10100 Processor 3.6 GHz (6M Cache, up to 4.3 GHz)
/
– Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz)
/
– Intel® Core™ i7-10700 Processor 2.9 GHz (16M Cache, up to 4.7 GHz)
ChipsetIntel® H410 Chipset
VGANVIDIA® GeForce® GT710 2GB GDDR5
Pilihan RAM2x DDR4 U-DIMM slot, 4GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to:64GB
Atau
2x DDR4 U-DIMM slot, 8GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to:64GB
Pilihan Penyimpanan1TB SATA 7200RPM 3.5″ HDD
Atau
500GB SATA 7200RPM 3.5″ HDD
Sistem OperasiWindows 10 Home – ASUS recommends Windows 10 Pro for business
Pilihan Power Supply180W power supply (80+ Bronze, peak 228W)
Atau
300W power supply (80+ Platinum, peak 390W)
Sumber : asus.com/asuss500sa

Melihat dari spesifikasi diatas, PC dekstop satu ini memang sengaja dirancang ASUS untuk pengguna yang membutuhkan perangkat PC untuk digunakan bekerja menggunakan komputer. Performa dalam penggunaan PC ini terbilang cukup untuk sebuah PC Home Office.

Sangat cocok untuk para karyawan kantor yang memerlukan PC tangguh untuk membantu pekerjaan sehari-hari.

2. ASUS S500MC

Sebuah PC desktop untuk kebutuhan dengan komputer apapun, perkenalkan ini adalah ASUS S500MC.

PC ASUS S500MC
Sumber dari ASUS.COM

Datang dengan menyadang nama ASUS, S500MC membawakan tampilan elegan dan yang pasti tidak memenuhi ruang kerja atau kamar kamu. Selain desain, ASUS membekali komponen-komponen yang mumpuni untuk PC desktop ini.

Salah satu komponen yang cukup berperan penting pada kinerja PC Desktop ini, adalah processor dan vga, pada processor yang dipakai pada PC ini, versi tertingginya menggunakan Intel Core i7 Gen 11. Sedangkan untuk vga versi tertingginya dapat menggunakan GeForce® RTX 3060 yang dilansir di ASUS.com .

Spesifikasi ASUS s500mc

Pilihan Processor dalam PC S500MCIntel® Core™ i3-10105 Processor 3.7 GHz (6M Cache, up to 4.4 GHz, 4 cores)
/
Intel® Celeron® G5905 Processor 3.5 GHz (4M Cache, up to 3.5 GHz)
/
Intel® Pentium® Gold G6405 Processor 4.1 GHz (4M Cache, 2 cores)
/
Intel® Core™ i5-11400 Processor 2.6 GHz (12M Cache, up to 4.4 GHz, 6 cores)
/
Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz)
/
Intel® Core™ i7-11700 Processor 2.5GHz (16M Cache, up to 4.9 GHz, 8 cores)
ChipsetIntel® B560 Chipset
VGAUp to GeForce® RTX 3060
Pilihan RAM
2x DDR4 U-DIMM slot, 4GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to:64GB
/
2x DDR4 U-DIMM slot, 8GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to:64GB
Pilihan Penyimpanan1TB SATA 7200RPM 3.5″ HDD
/
Up to
2 TB + 1 TB
HDD + SSD
Pilihan Sistem Operasi
Windows 10 Home – ASUS recommends Windows 10 Pro for business
/
Windows 11 Home – ASUS recommends Windows 11 Pro for business
Pilihan Power Supply160W power supply (peak 200W)
/
200W power supply (80+ Bronze, peak 250W)
/
300W power supply (peak 350W)
/
500W power supply (80+ Bronze, peak 550W)
Sumber : asus.com/asuss500sa

Melihat dari spesifikasi tersebut, ASUS sepertinya menyiapkan beberapa pilihan komponen untuk PC desktop ini, hasilnya harga yang dipasang akan berbeda-beda meskipun sama-sama memakai nama ASUS S500MC.

Bicara soal performa PC desktop ini, untuk kebutuhan main game PC berat dan melakukan aktivitas seperti bekerja menggunakan microsoft office, adobe dan lainnya, PC desktop ini bisa kamu percayakan untuk melakukan hal tersebut.

PC desktop ini sesuai dengan seseorang yang membutuhkan PC desktop untuk melakukan pekerjaan, bermain game, menonton, hingga penggunaan berjam-jam.

3. ASUS S500MA

Mencari PC Desktop untuk kebutuhan sekolah, kantor, browsing internet hingga bermain game ringan ?

ASUS S500MA adalah jawaban yang cocok untuk pertanyaan tersebut.

PC ASUS S500MA
Sumber dari ASUS.COM

Salah satu PC desktop yang memakai nama ASUS di depannya, yaitu ASUS s500ma. memiliki tampilan yang minimalis, dan tidak terlalu besar untuk ukuran sebuah PC desktop, selain itu s500ma ini tertanam chipset dan processor dari Intel.

Maka, jika kamu berniat membeli PC desktop ini, kamu bisa memilih pilihan processor Intel, mulai dari seri

  • Intel® Pentium® G6400 Processor 4.0 GHz (4M Cache)
  • Intel® Core™ i3-10100 Processor 3.6 GHz (6M Cache, up to 4.3 GHz)
  • Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz)
  • Intel® Core™ i7-10700 Processor 2.9 GHz (16M Cache, up to 4.7 GHz)

Kemudian, tak ketinggalan juga disematkan Video Graphics Card pada PC ini, yaitu
NVIDIA® GeForce® GT710 2GB GDDR5, dengan begini bisa menambah performa dan kualitas dari s500ma ini. Untuk memperjelas komponen dan spesifikasi dari PC desktop ini, berikut adalah spesifikasi ASUS s500ma :

Spesifikasi ASUS s500ma

Pilihan ProcessorIntel® Pentium® G6400 Processor 4.0 GHz (4M Cache)
Intel® Core™ i3-10100 Processor 3.6 GHz (6M Cache, up to 4.3 GHz)
Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz)
Intel® Core™ i7-10700 Processor 2.9 GHz (16M Cache, up to 4.7 GHz)
ChipsetIntel® H410 Chipset
VGANVIDIA® GeForce® GT710 2GB GDDR5
Pilihan RAM2x DDR4 U-DIMM slot, 4GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to:64GB
/
2x DDR4 U-DIMM slot, 8GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to:64GB
Pilihan Penyimpanan1TB SATA 7200RPM 3.5″ HDD
Pilihan Sistem OperasiWindows 10 Home – ASUS recommends Windows 10 Pro for business
Pilihan Power Supply180W power supply (80+ Bronze, peak 228W)
/
300W power supply (80+ Platinum, peak 390W)
Sumber : asus.com/asuss500sa

Melihat spesifikasi diatas, bisa disimpulkan PC desktop ini, memiliki kesamaan dengan ASUS s500sa yang berada di urutan pertama Rekomendasi PC Desktop Terbaik di Indonesia dari ASUS. Soal performa, ASUS s500sa lebih cocok untuk mereka yang membutuhkan PC desktop untuk kebutuhan kantoran.

Seperti untuk membuat document, menyusun angka pada excel, menonton video, bermain game ringan, edit foto dengan photoshop dan keperluan lainnya yang sekiranya sepadan dengan keperluan tersebut.

Kesimpulan

Bagaimana ? Apakah kamu tertarik untuk membeli salah satu PC desktop dari ASUS ini ? Jika kamu tertarik, kamu bisa membeli ketiga seri PC desktop ini di marketplace – marketplace yang ada di Indonesia saat ini.

Penutup

Ketiga seri PC desktop ini menurut admin sendiri, termasuk PC Desktop home office.

Melihat dari semua spesifikasi yang ada dalam ketiga seri tersebut, semakin pasti kalau PC Desktop yang diluncurkan oleh ASUS ini, ditargetkan untuk mereka yang membutuhkan PC Desktop yang memiliki performa cukup untuk kegiatan pekerjaan di kantoran dan kegiatan sembarang seperti bermain game ringan/berat, membuat tugas sekolah dan menjalankan program software di PC Desktop.

Terima kasih sudah membaca Rekomendasi PC Desktop Terbaik di Indonesia dari ASUS.

Baca Juga : cara mematikan hp oppo reno 10

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis