Menu

Mode Gelap

Senjata Digital UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan · 5 Jun 2023 08:39 WIB ·

5 Senjata Digital UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan


 Senjata Digital UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan Perbesar

Senjata Digital UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan

Hai sobat UMKM, pada masa sekarang ini tidak sedikit orang yang beralih pekerjaan menjadi pelaku usaha barang/jasa sebagai mata pencaharian sehari-hari. UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro Kecil Menengah yang merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak dilakoni oleh masyarakat saat ini.

Melansir dari ekon.go.id Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah (Kemenkop UMKM) pada tahun 2021, kontribusi UMKM dalam Hal ekonomi di Indonesia sangat berpengaruh pada PDB(Produk Domestik Bruto), yakni sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah

Dengan angka presentase dan jumlah rupiah tersebut, UMKM menjadi sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi negeri ini.

Dari kebanyakan masyarakat yang berprofesi sebagai UMKM, tak sedikit pula ada yang sukses menjalankan bisnisnya sampai bisa membuka cabang usaha, walaupun juga harus mengalami masa-masa sulit sebelum menjadi sukses, namun jika ada semangat dan konsisten, maka akan terwujud sebuah kesuksesan.

Di masa sekarang melihat peradaban manusia yang semakin hari semakin modern, membuat sektor perekonomian seperti UMKM harus menyesuaikan dengan keinginan pelanggan atau pembeli. 

Teknologi digital yang berperan penting pada kehidupan saat ini, menjadi salah satu hal yang kerap di gunakan untuk distribusi Informasi maupun promosi perdagangan.

Selain itu, banyak juga masyarakat sekarang yang mempunyai smartphone sebagai kebutuhan primer masa kini. Kebanyakan dari mereka yang memiliki smartphone di gunakan untuk bermedia sosial seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, TikTok dan lainnya.  

Hal tersebut dilakukan untuk mencari sesuatu yang mereka inginkan di dunia nyata, namun tidak mereka dapatkan langsung dan hanya di media sosial mereka mendapatkan hal yang mereka inginkan. Contohnya adalah informasi.

Dari kebiasaan masyarakat Indonesia menggunakan media sosial ini, kamu yang merasa merupakan pelaku UMKM, dan ingin meningkatkan penjualan produk dan menambah pelanggan, harus menyesuaikan dengan kebiasaan yang sering dilakukan masyarakat saat ini. 

Seperti dengan melakukan sesuatu yang dapat membuat orang-orang tergerak untuk belanja produk/jasa usaha kamu.

Cara Meningkatkan Penjualan di Era Digital

Melakukan promosi produk usaha untuk meningkatkan penjualan merupakan cara yang paling terbukti dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan jumlah penjualan produk. Mereka yang sering menggunakan media sosial dan internet akan menjadi target pembeli produk usaha kamu.

1. Promosi Melalui Media Sosial

Salah satu senjata digital UMKM untuk meningkatkan penjualan adalah dengan berpromosi di media sosial. Media sosial yang kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah :

  1. Instagram
  2. TikTok
  3. Facebook
  4. Whatsapp
  5. Twitter
  6. Youtube

Keenam media sosial tersebut merupakan media sosial yang memiliki banyak kunjungan pengguna internet dan terdapat banyak pengguna yang berasal dari Indonesia, kamu bisa memilih salah satu dari 6 media sosial tersebut untuk tempat promosi produk.

Melalui platform ini, kamu bisa berpromosi dengan menggunakan beberapa cara efektif yang dapat menarik pembeli dari media sosial, berikut 3 cara promosi produk UMKM di media sosial.

A. Membuat Akun Media Sosial

Sumber: instagram.com/exabytes_id/

Untuk menjalankan strategi promosi digital ini, kita harus konsisten memposting postingan sesuai hal-hal yang terkait dengan produk/jasa yang ingin dipromosikan. Gunakan topik yang disukai pengguna media sosial serta berpotensi dapat menarik minat pengguna media sosial.

Gabungkan antara konten dan produk usaha kamu menjadi 1 video/postingan, maka akan membuat potensi postingan tersebut, mendapat banyak penonton. 

Ketika postingan sudah banyak, pengikut media sosial sudah banyak, maka kamu sudah mendapatkan tempat promosi produk dengan memiliki banyak pengguna atau pengikut dalam halaman akun media sosial tersebut.

Sekedar tips, untuk menambah jumlah pengikut media sosial kamu. Jika kamu seorang UMKM yang memiliki toko Dan buka sehari-hari di dunia nyata, cobalah untuk memasang tulisan ajakan untuk menfollow akun media sosial tempat usaha kamu dan pasang di bagian yang sering dilihat pembeli.

Jadi tiap pelanggan yang membeli ke tempat usaha kamu, akan tahu bahwa toko yang mereka kunjungi ini, memiliki akun media sosial dan saat pelanggan yang datang ke toko kamu akan terbesit pikiran untuk mengikuti halaman media sosial tersebut.

B. Endorsement

Sumber: Unsplash.com

Pernahkah kamu melihat di media sosial sebuah halaman atau profil pengguna yang hanya membahas 1 tema yang berarti foto atau video yang di posting semua membahas 1 tema?. Itulah target pihak ketiga dari cara promosi ini.

Dalam strategi peningkatan penjualan di media sosial ini, kamu sebagai UMKM akan berpromosi dengan melalui pihak ke 3 sebagai tempat promosi produk usaha kamu. 

Cobalah untuk melihat media sosial sekarang, pilih saja Instagram, cari dan pilihlah akun media sosial yang memiliki banyak pengikut atau followers yang bisa kamu ajak promosi produk usaha kamu. Contohnya seperti :

  1. Blogger
  2. Public Figure
  3. Fanpage
  4. Influencer
  5. Selebgram

Semua akun media sosial terkenal yang memiliki banyak pengikut ribuan bahkan sampai jutaan dapat kamu ajak untuk melakukan endorse. Caranya dengan dm atau chat pribadi akun media sosial mereka dan ajak untuk melakukan promosi terhadap produk usaha kamu.

Jangan lupa juga, promosi ini membutuhkan biaya untuk akun media sosial yang kamu ajak promosi. Lakukan komunikasi dan sampaikan promosi seperti apa yang kamu inginkan pada akun media sosial tersebut.

Contoh postingan endorse produk yang dilakukan banyak akun media sosial terkenal yang menerima produk untuk mereka promosikan, seperti dalam bentuk video review produk dan postingan foto produk yang berisi ajakan membeli produk usaha tersebut.

C. Beriklan di Media Sosial

Sumber: Unsplash.com

Selain membuat halaman akun media sosial dan promosi endorse di akun media sosial terkenal. Ada satu cara promosi yang lebih baik dari cara sebelumnya dan terbukti dapat membuat produk UMKM bisa menjangkau lebih banyak pengguna media sosial.

Beriklan di media sosial. Yup, ini adalah cara yang sangat direkomendasikan untuk meningkatkan pelanggan usaha bisnis kamu. Dengan cara ini, kamu akan menggunakan layanan iklan berbayar dari media sosial seperti Facebook ads, Instagram ads, TikTok ads dan lainnya.

Kita ambil contohnya adalah Facebook Ads, Facebook ads adalah layanan iklan berbayar yang disediakan pihak facebook untuk para pelaku usaha termasuk UMKM yang ingin beriklan di Facebook. Untuk pembayaran iklan promosi ini, biasanya Facebook menghargai sesuai jumlah tayangan penonton dan klik pada iklan produk usaha yang tayang.

2. Membuat Website UMKM

Strategi digital yang dapat meningkatkan penjualan produk selanjutnya adalah membuat website usaha. Dengan membuat website, kamu dapat menjangkau berbagai pengguna internet yang menggunakan Google atau Mesin Penelusur lainnya.

Apa itu Website ?

Website adalah sebuah halaman yang terbentuk dari kumpulan kode pemograman, domain dan hosting. Sebuah website dapat diakses melalui url/alamat website tersebut dengan jaringan internet tentunya.  

Halaman-halaman pada website dapat di isi berbagai elemen seperti teks, gambar, video, dan fitur interaktif lainnya.

Website dapat memiliki berbagai jenis layanan dan tujuan yang berbeda. Ada website bisnis usaha yang digunakan untuk mempromosikan produk dan jasa, serta melakukan transaksi online.  

Ada juga website berita yang menyediakan berita terbaru dari berbagai bidang, terdapat pula website pendidikan, blog pribadi, forum diskusi serta lainnya.

Secara keseluruhan, website merupakan jendela dunia digital yang memberikan akses kepada pengguna internet untuk mengeksplorasi, belajar hal baru, berkomunikasi, dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas online. 

Dengan adanya website, dunia informasi dan interaksi semakin terbuka luas, memberikan kemudahan dan manfaat yang besar bagi pengguna internet di era digital saat ini.

Manfaat Memiliki Website Untuk UMKM

Selain untuk meningkatkan penjualan, memiliki website usaha juga mendapat banyak manfaat. Seperti berikut :

  1. Media dan tempat promosi produk jualan
  2. Usaha bisnis semakin profesional dan terpercaya
  3. Pengelolaan usaha bisnis lebih mudah dan efisien
  4. Selalu terhubung dengan pelanggan
  5. Media atau tempat katalog produk usaha
  6. Meningkatkan layanan pada pelanggan

Tips Membuat Website Bisnis untuk UMKM

Jika kamu ingin memiliki sebuah website untuk usaha yang sedang kamu jalani, maka kamu dapat membuatnya secara mandiri. Namun, jika kamu merasa ingin cepat dan mendapatkan hasil pembuatan website yang bagus dan mampu menarik minat pengguna internet yang berkunjung ke website kamu.

Saran terbaik untuk hal tersebut adalah dengan membeli jasa pembuatan website bisnis untuk UMKM. Kamu bisa menelusuri di Google, dengan kata kunci “Jasa pembuatan website UMKM” setelah itu, kamu dapat memilih jasa pembuatan website yang kamu inginkan.

Khusus untuk kamu yang berpikir untuk membuat website usaha dengan mandiri. Kami sudah menyiapkan beberapa tips langkah untuk membangun sebuah website yang dapat menarik banyak pengguna internet.

A. Memilih CMS Website

cms website
sumber logo dari google

CMS adalah singkatan dari Content Management System atau sistem manajemen konten. CMS website adalah platform atau aplikasi yang digunakan untuk membangun dan mengelola sebuah situs web dengan lebih mudah dan efisien.

Dengan menggunakan CMS, pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan pemrograman yang mendalam untuk membuat dan mengupdate konten pada website. CMS memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, mengorganisir, dan mengelola konten situs web secara intuitif melalui antarmuka pengguna yang ramah.

Dengan menggunakan CMS pemilik situs web atau pengelola konten dapat dengan mudah mengubah tampilan dan isi situs web, menambahkan atau menghapus halaman, mengelola media, membuat formulir, mengoptimalkan situs untuk mesin pencari, dan melakukan berbagai hal lainnya.

Contoh CMS yang populer yang banyak digunakan adalah :

  1. WordPress.
  2. Joomla!
  3. Drupal.
  4. Typo3.
  5. Serendipity.
  6. Dotclear.
  7. ImpressPages.
  8. Chamilo.
  9. Blogger

Kamu bisa menggunakan beberapa CMS tersebut untuk membuat sebuah website.

B. Menentukan Nama Website

Menentukan nama website adalah salah satu hal yang sangat penting dalam pembuatan website. Sebagai hal untuk memudahkan pengguna internet mengenali website usaha kamu, tentukan nama website yang mudah diingat, disebut banyak orang dan mudah ditulis di google.

C. Domain

Kamu seorang UMKM? sedang bingung dengan hasil penjualan yang tidak meningkat pesat? coba 5 senjata digital untuk meningkatkan penjualan produk.

Domain adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan sebuah situs web di internet. Secara sederhana, domain adalah nama atau alamat yang memungkinkan pengguna internet untuk menemukan dan mengakses situs web dengan mudah.

Domain terdiri dari dua bagian utama, yaitu nama domain dan ekstensi domain. Nama domain merupakan bagian yang dapat diubah oleh pemilik situs web, sementara ekstensi domain menunjukkan jenis atau kategori website tersebut.

Contoh nama domain adalah “contohwebsite” sedangkan contoh ekstensi domain adalah “.com“,”.net” atau “.org” Pemilihan domain yang tepat sangat penting karena dapat mempengaruhi visibilitas dan branding sebuah website.

Nama domain yang relevan dan mudah diingat akan membantu pengguna untuk menemukan dan mengingat situs web dengan lebih baik. Selain itu, domain juga dapat mencerminkan identitas dan tujuan situs web. Proses pendaftaran domain dilakukan melalui registrasi domain yang telah disahkan.

Setelah domain didaftarkan, pemilik situs web memiliki hak eksklusif untuk menggunakan domain tersebut selama jangka waktu tertentu, biasanya satu tahun. Untuk mempertahankan kepemilikan domain, pemilik harus memperpanjang registrasi domain secara berkala.

Selain itu, domain juga dapat memiliki subdomain, yang merupakan bagian dari nama domain utama. Subdomain digunakan untuk membagi situs web menjadi bagian-bagian yang berbeda atau sebagai cara untuk mengarahkan pengunjung ke halaman khusus di situs web.

Misalnya, dalam alamat website “blog.contohwebsite.com,” “blog” adalah subdomain yang mengarahkan pengunjung ke bagian blog situs web tersebut.

Dalam era digital yang terus berkembang, domain memiliki peran penting dalam membangun kehadiran online yang kuat. Domain yang baik dapat meningkatkan citra profesional, membantu dalam strategi pemasaran online, dan memberikan identitas unik untuk situs web kamu.

Untuk meningkatkan performa website di mesin pencari seperti Google, Bing dan lainnya. Kamu memerlukan ekstensi domain website yang populer dan terpercaya. Seperti :

  1. .com
  2. .net
  3. .shop
  4. .co.id
  5. .id
  6. .biz
  7. biz.id
  8. Dan lainnya

Untuk membeli domain, kamu bisa membeli di website-website penyedia domain terkenal dan terpercaya. Nah, jika kamu tidak tau penyedia domain mana yang terpecaya, berkualitas dan ramah melayani pembeli, kamu bisa berkunjung di Exabytes Indonesia.

Di Exabytes, kamu bisa menemukan banyak pilihan domain murah dan berkualitas, mulai dari harga Rp 6000/tahun (Biz.id). Sebelum membeli, kamu bisa konsultasi tentang domain apa yang cocok untuk website UMKM yang akan kamu buat pada customer service.

D. Hosting

Kamu seorang UMKM? sedang bingung dengan hasil penjualan yang tidak meningkat pesat? coba 5 senjata digital untuk meningkatkan penjualan produk.

Hosting adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengakses berbagai jenis file dan data yang terkait dengan situs web mereka. Secara sederhana, hosting dapat diibaratkan sebagai tempat yang menyimpan semua informasi dan konten yang diperlukan agar sebuah situs web dapat beroperasi.

Hosting bekerja dengan cara menyimpan file-file situs web, seperti gambar, teks, video, dan skrip, pada server yang terhubung ke internet. Ketika seseorang mengunjungi situs web, server hosting akan menangani permintaan tersebut dengan mengirimkan file yang diperlukan kepada pengunjung melalui koneksi internet.

Ada beberapa jenis hosting yang tersedia, seperti shared hosting, VPS hosting, dan dedicated hosting. Shared hosting merupakan opsi yang paling umum dan terjangkau, di mana beberapa situs web berbagi sumber daya yang sama pada satu server. 

VPS hosting menawarkan lingkungan hosting virtual yang lebih terisolasi, sementara dedicated hosting memberikan server secara eksklusif untuk satu situs web.

Manfaat menggunakan hosting untuk situs web adalah keandalan, kecepatan akses, dan skalabilitas. Dengan menggunakan layanan hosting yang handal, situs web dapat diakses dengan cepat dan konsisten oleh pengunjung dari seluruh dunia. 

Selain itu, hosting yang baik juga dapat memberikan opsi untuk memperluas kapasitas dan fitur situs website seiring dengan pertumbuhan dan kebutuhan bisnis.

Khusus untuk kamu yang sedang mencari penyedia hosting terpecaya, berkualitas dan berpengalaman tentang website. Kamu bisa mencoba layanan web hosting Indonesia dari Exabytes. Di Exabytes, kamu dapat menemukan layanan web hosting murah dan berkualitas, mulai dari harga Rp 13.900/bulan.

Jika kamu tidak mengerti dengan hosting dari Exabytes, kamu bisa konsultasi masalah seputar website pada Customer Service Exabytes.

E. Katalog Produk

Untuk memudahkan pengguna internet yang mengunjungi website kamu, tambahkan katalog produk yang menampilkan produk/jasa yang kamu tawarkan. Dengan begitu pengguna internet dapat mengetahui produk atau layanan usaha kamu dan mungkin akan terbesit pikiran mereka untuk membeli produk.

Untuk link produk, jika kamu tidak ingin kesulitan dalam mengatur pembayaran dan proses produk dari website. Maka kamu bisa membuka toko di marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shoope dan lainnya.

Pasang produk kamu di akun toko marketplace, bisa Tokopedia atau Shoope. Arahkan pengguna internet yang ingin membeli produk usaha kamu di website ke link produk toko marketplace kamu, hal ini akan memudahkan transaksi pembeli dan penjual.

F. Template Website

Tampilan website merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kebetahan pengguna internet saat berkunjung ke website kamu. Untuk mencari template website, kamu bisa membeli ataupun mendapatkan dengan gratis template untuk website bisnis/usaha di Google, mulai dari bergaya Ecommerce, Responsive, Basic, Blog dan lainnya.

Search aja di Google, dengan kata kunci “template website umkm” atau “template website usaha” pilih sesuai selera kamu dan selanjutnya cari di google nama template yang kamu tentukan sebelumnya. Cari dengan keyword “(isi nama template) template website”. Misal: “viomagz template website”

Kebanyakan template populer dan terbaik, biasanya menggunakan cms WordPress sebagai media penerapannya. Jadi, jika kamu bingung memilih CMS website, pilihlah WordPress sebagai cms website usaha kamu. Karena cms ini akan mempermudah dalam pembuatan website usaha kamu.

G. Halaman Website

Sebagai pelengkap untuk website, kamu bisa menambahkan halaman website untuk meningkatkan kualitas website seperti dengan menambahkan halaman katalog produk, halaman untuk menyambut pengunjung/landing page, halaman profil usaha dan halaman kontak usaha.

Sebagai referensi, apa saja halaman yang diperlukan untuk website UMKM, berikut adalah beberapa halaman yang perlu kamu buat dan tambahkan ke website bisnis kamu:

  1. About Us (halaman yang berisi deskripsi tentang website, profil usaha, owner dan karyawan(kalau ada) )
  2. Produk (berisi tentang berbagai produk usaha)
  3. Contact Us (berisi kontak pengelola website atau CS )
  4. Testimoni (Berisi tentang review baik dari pembeli terhadap produk usaha)
  5. Blog (Berisi Tentang berbagai artikel pendukung usaha)

Jika kamu merasa belum cukup dengan list jenis halaman website di atas, kamu dapat mengunjungi website brand-brand produk terkenal. Amati website mereka, Tiru jenis halaman yang ada di website dan Modifikasi halaman website tersebut kemudian kamu tambahkan ke website usaha kamu.

H. Belajar Teknik SEO Google

Pada materinya, SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti optimisasi mesin pencari merupakan sebuah proses mengoptimalkan situs web atau konten digital lainnya agar dapat mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Tujuan utama dari SEO adalah meningkatkan visibilitas dan lalu lintas organik (non-bayar) ke situs web. Ketika situs web muncul di peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian, peluang untuk mendapatkan kunjungan dari pengguna internet yang mencari informasi atau produk yang relevan menjadi lebih besar.

Mempelajari teknik SEO Google, tidak akan membuat kamu rugi, karena ilmu yang akan kamu pelajari ini merupakan ilmu yang akan sangat berguna jika kamu mempunyai sebuah website, termasuk website usaha. Pelajari ilmu SEO lewat Youtube atau Google, cari di penelusuran dengan keyword “Belajar dasar seo website” atau “seo UMKM”.

3. Buka Toko Online di Marketplace

Ilustrasi dari pixabay.com

Marketplace adalah platform digital yang menghubungkan penjual dan pembeli dalam satu tempat. Di dalam marketplace, pengguna dapat menjual produk atau jasa mereka kepada konsumen.

Konsep marketplace telah membawa revolusi dalam cara kita berbelanja dan berbisnis. Dulu, untuk membeli barang atau mencari jasa, kita harus pergi ke toko fisik atau mencari langsung ke penyedia jasa. Namun, sejak adanya marketplace, semuanya menjadi lebih mudah dan efisien.

Di marketplace, penjual dapat membuat toko online mereka sendiri dengan mengunggah foto produk, memberikan deskripsi, dan menetapkan harga. Sementara itu, pembeli dapat menjelajahi berbagai produk dari berbagai penjual dengan mudah. Mereka dapat membaca ulasan, membandingkan harga, dan membuat keputusan pembelian yang tepat.

Salah satu keuntungan utama dari marketplace adalah keberagaman produk yang tersedia. Marketplace sering kali menawarkan berbagai kategori produk yang mencakup pakaian, aksesoris, peralatan elektronik, makanan, furniture, dan banyak lagi. Dengan begitu banyak pilihan, pembeli dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka butuhkan tanpa harus mencari di banyak tempat.

Contoh Marketplace yang ada di Indonesia lumayan banyak, seperti Shoope, Tokopedia, Bukalapak, blibli, Lazada dan lainnya. Kamu bisa membuat akun toko di salah satu marketplace tersebut dan menjual secara online produk-produk usaha kamu.

Marketplace juga memberikan kesempatan kepada penjual kecil atau individu untuk memasarkan produk mereka tanpa harus memiliki toko fisik. Ini memberi peluang yang lebih besar bagi pelaku usaha seperti UMKM untuk tumbuh dan bersaing di pasar yang lebih luas. Marketplace juga menyediakan alat dan fitur yang memudahkan penjual dalam mengelola inventaris, pemrosesan pesanan, dan pengiriman.

4. Promosi Melalui Google Ads

Ilustrasi dari ads.google.com

Google Ads merupakan salah satu layanan tempat iklan terbaik yang ada di Google saat ini. Kebanyakan pelaku usaha yang menggunakan layanan iklan ini, tidak hanya dari UMKM namun perusahaan besar dan startup digital yang juga menggunakan layanan penyedia iklan ini.

Jangan minder dan beranggapan kalau Google ads ini diperuntukan hanya untuk usaha yang besar dan luas saja. Google ads menerima siapapun yang ingin beriklan dan termasuk UMKM yang ingin meningkatkan penjualan dengan layanan promosi ini.

Jika kamu beriklan di Google ads, maka iklan kamu akan tayang di website-website yang ada di google (selama website tersebut mendaftar Google Adsense). Untuk skema penjumlahan pembayaran antara pengiklan dengan google ads. Akan menggunakan skema PPC atau bayar per tayangan/klik iklan.

Kamu bisa menggunakan website usaha kamu sebagai website untuk promosi di Google Ads ini. Dengan mengarahkan pengeklik iklan google ads ke website kamu. Buat sebuah landing page atau halaman penyambutan di website kamu yang berisi produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Setelah itu, landing page tersebut dijadikan sebagai halaman yang di pasang di Google Ads sebagai iklan. Jadi setiap pengguna internet yang mengeklik iklan google ads kamu, maka mereka akan diarahkan ke halaman landing page website kamu.

5. Content Placement

Ilustrasi dari garisrealita.com

Salah satu senjata digital umkm untuk meningkatkan penjualan, Content Placement adalah strategi pemasaran dimana sebuah merek atau produk ditempatkan secara strategis di dalam website/konten yang dibuat oleh pihak ketiga. Konten tersebut dapat berupa film, acara televisi, video musik, atau media digital lainnya.

Jadi, dalam cara ini kamu akan menggunakan pihak ketiga lagi sebagai media yang akan mempromosikan produk atau jasa usaha kamu. Jika kamu pahami, sebenarnya Content Placement ini, mirip-mirip dengan cara promosi Endorsement yang dimana menggunakan akun media sosial terkenal sebagai pihak ketiga.

Namun di content placement ini, kamu bisa menjadikan media seperti :

  • Website terkenal
  • Blog

Blog atau website terkenal, merupakan pihak ketiga dari content placement. Biasanya terdapat blog dan website yang menerima content placement terhadap para pelaku usaha, tentunya juga dengan komisi yang ditentukan pihak ke 3 atau pengiklan sendiri, kamu bisa menggunakan jasa mereka sebagai media promosi untuk meningkatkan penjualan.

Berbeda dengan beriklan di Google ads, jika di google ads, iklan kamu akan tayang pada kebanyakan website dan tidak konsisten selalu ada dalam 1 website. Karena pengiklan lain juga ada, jadi iklan yang ditayangkan akan selalu berpindah-pindah, dari website ini kesini dan seterusnya.

Namun jika di content placement, iklan produk akan konsisten selalu ada dalam 1 website, selama waktu yang ditentukan dan disematkan di setiap halaman website tersebut.

Untuk pemilihan website atau blog untuk content placement, pilihlah yang memiliki website yang memiliki kunjungan diatas 5000 pengunjung organik per hari dari google. Untuk cara cek trafic website orang lain. Kita dapat menggunakan similarweb. Kamu bisa daftar akun dan mulai cek trafic website melalui menu website analysis dari similarweb.

Jika kamu merasa sulit, kamu bisa memilih website seperti kompas.com, detik.com, tribunnews.com yang menerima content placement dari produk usaha kamu. Untuk contoh promosi content placement pada website pihak ketiga, kebanyakan mereka menggunakan banner atau artikel tentang produk usaha yang di pasang di sebuah website.

Kesimpulan

Dari 5 cara untuk meningkatkan penjualan di era digital sekarang ini. Kita dapat berkesimpulan bahwa untuk meningkatkan penjualan produk usaha, sebagai seorang UMKM harus berusaha selalu dan tidak cuma di dunia nyata.

Namun dunia online juga harus diusahakan dalam meningkatkan penjualan, dengan 5 strategi cara untuk meningkatkan penjualan ini, dapat kamu coba kelima cara ini. Dan pasti diantara 5 cara tersebut, akan ada 1 cara yang terbukti meningkatkan penjualan online atau offline pada usaha kamu dan kamu akan mengandalkan selalu cara tersebut untuk meningkatkan penjualan di internet.

Selamat Mencoba.

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis